Tutorial Update PHP versi 7 ke 8 di Windows Beserta Error Solusinya

Tutorial Update PHP versi 7 ke PHP 8 di Windows. PHP 8 rilis pada tanggal (2021-Jun-02 01:24:04) menghadirkan feature-feature baru yang powerfull. Saya pun penasaran untuk mencoba update dari PHP lama saya PHP 7 ke PHP versi 8.

Pada tutorial kali ini, saya akan mencoba update PHP lama saya ke PHP terbaru yaitu PHP 8 di windows 10. Jika Anda pengguna windows silahkan lanjutkan untuk membaca atau mencobanya secara langsung. Namun, jika Anda pengguna Linux atau MAC, membacanyapun tidak masalah untuk menambah wawasan Anda.

Ok, kita lanjutkan, pengguna windows biasanya menggunakan server php seperti Xampp,Wampp, Nginx, dan Laragon. Pada kasus ini, saya menggunakan Laragon di server komputer saya. Jadi, jika Anda menggunakan laragon, lanjutkan membacanya ya. Jika Anda ingin tertarik ingin menggunakan laragon, Anda bisa mengunduhnya di link ini: https://laragon.org/download/

Jika sudah mengunduh dan menginstallnya, Lanjutkan.

Download PHP 8

Silahkan Anda unduh dulu PHP 8 di link : https://windows.php.net/download#php-8.0. Saya menyarankan Anda untuk mengunduh yang Thread Safe. Pengertian Thread Safe dan Non Thread Safe tidak saya bahas pada tutorial kali ini. Namun, intinya adalah yang Non Thread Safe itu masih banyak bug yang belum diketahui. Jadi, Thread Safe itu lebih aman karena sudah minim bug dan direkomendasikan.

Pilihlah versi x86 ataupun x64 sesuai dengan bit yang Anda install. Jangan sampai salah, karena nanti tidak akan bisa running dengan baik.

Dalam kasus ini, saya menggunakan arsitektur x64 bit. Silahkan unduh yang versi x64 bit.

Kemudian pindahkan hasil download dalam bentuk zip tersebut ke dalam direktori Laragon/bin/php. Setelah itu, silahkan “klik kanan” dan pilih extract file. Jika sudah, itu artinya PHP 8 akan segera siap kita gunakan.

Coba Jalankan laragon

Lalu jalankan apache dan mysql pada aplikasi Laragonnya.

Jika muncul pesan error seperti ini maka harus ada konfigurasi yang kita lakukan.

Cara Mengatas Error PHP Module

Kita sudah melihat gambaran error yang akan terjadi saat menjalankan PHP 8. Tenang … saya sudah mencari jawabannya di beberapa literatur internet. Jawabannya cukup mudah.

Pertama, matikan dahulu server apache dan mysql pada Laragon.

Kedua, silahkan buka file mod_php.conf pada direktori Laragon/etc/apache2.

Kodenya sebabagi berikut:

This file is auto-generated, so please keep it intact.
 LoadModule php_module "D:/laragon/bin/php/php-8.0.7-Win32-vs16-x64/php8apache2_4.dll"
 PHPIniDir "D:/laragon/bin/php/php-8.0.7-Win32-vs16-x64"
     AddType application/x-httpd-php .php 

Pada baris ke 2 ubah dari php8_module menjadi php_module.

This file is auto-generated, so please keep it intact.
 LoadModule php_module "D:/laragon/bin/php/php-8.0.0-Win32-vs16-x64/php8apache2_4.dll"
 PHPIniDir "D:/laragon/bin/php/php-8.0.0-Win32-vs16-x64"
     AddType application/x-httpd-php .php 

Lalu simpan kembali.

Jalankan Ulang

Setelah kita jalankan ulang Laragonnya, pesan errornya tidak muncul lagi. Sekarang kita bisa mengecek versi PHP kita melalui command prompt (command promt laragon) atau melalui local laragon website.

Kesimpulan

Untuk update PHP ke 8 yang baru rilis terjadi error pada php_module nya di apache. Butuh sedikit penyesuaian untuk update PHP Anda dari PHP 7 ke PHP 8. Saya telah mencobanya kemudian gagal, namun sekarang sudah berhasil dengan mencari beberapa literatur untuk menyelesaikan solusinya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: