Tips & Trik Telegram

Kecepatan, keamanan, dan kesederhanaan adalah beberapa keunggulan yang menjadikan Telegram menjadi media komunikasi yang sangat direkomedasikan. Anda juga memungkinkan menyesuaikan antarmuka serta pengalaman perpesanan secara keseluruhan. Yang terpenting, Telegram sepenuhnya gratis dan tidak disertai dengan biaya tersembunyi dalam bentuk ancaman terhadap privasi atau keamanan Anda . Apakah Anda merasa terganggu dengan privasi yang menurun dan bisnis kotor iklan hampir di mana-mana, atau hanya ingin menghilangkan kebisingan dari obrolan WhatsApp dan Facebook Messenger yang selalu ramai, Telegram adalah tempat yang baik untuk memulai menyepi dan lebih nyaman. Disini kami telah membuat daftar beberapa trik dan tip Telegram Messenger yang akan membantu Anda mengenal aplikasi Telegram messenger lebih baik dan menggunakannya dengan lebih efektif dan efisien.

1. Folder Obrolan

Folder Obrolan adalah salah satu trik Telegram terbaik yang harus Anda ketahui dan manfaatkan untuk keuntungan maksimal. Kami mengikuti begitu banyak saluran dan grup di Telegram dari berbagai jenis, belum lagi obrolan individual yang ikut campur. Memiliki semua obrolan ini dalam satu panel membuat segalanya lebih sulit untuk dijelaskan dan dipahami. Jadi untuk mengatasi masalah ini, Telegram telah menghadirkan sesuatu yang disebut “Folder Obrolan”. Ini memungkinkan Anda untuk mengkategorikan obrolan Anda ke dalam label yang berbeda dan Telegram menyelesaikannya untuk Anda. Hasilnya, Telegram menjadi sangat bersih dan lebih mudah dikelola. Aku menyukainya!

2. Tambahkan Orang dan Grup Terdekat

Tahun lalu, Telegram menghadirkan fitur unik yang memungkinkan Anda menemukan pengguna dan grup Telegram berdasarkan lokasi Anda. Ini sangat berguna ketika Anda ingin menambahkan seseorang ke Telegram Anda tanpa membagikan nomor ponsel Anda . Juga, jika Anda pergi ke konferensi, kampus atau festival, Anda dapat menemukan beberapa grup yang berhubungan dengan tempat dan acara seperti itu. Untuk menambahkan orang terdekat, buka menu Telegram dan pergi ke “Kontak”. Di sini, ketuk “Tambahkan Orang di Sekitar” dan di sana Anda memilikinya. Sebelumnya, layar harus tetap terbuka agar fitur ini berfungsi. Namun sekarang pengguna dapat mengaktifkan opsi “Jadikan Saya Terlihat” di jendela Orang di Sekitar sehingga pengguna di sekitar dapat melihat profil mereka tanpa perlu membuka jendela.

3. Edit Pesan Terkirim

Apakah pernah terjadi bahwa Anda mengirim pesan, dan dalam beberapa detik Anda menemukan kesalahan ketik yang mencolok? Ya, ada tombol edit untuk menyelamatkan Anda di Telegram, tetapi tidak begitu banyak di Twitter . Yang harus Anda lakukan adalah memilih pesan dan mengetuk ikon “Edit (pena)” di bagian atas dan Anda dapat dengan mudah mengedit pesan . Namun, ini akan menunjukkan label “Diedit” setelah Anda membuat perubahan. Selain itu, tidak ada batasan waktu untuk mengedit pesan di Telegram. Anda hanya dapat mengedit pesan hingga 48 jam setelah mengirimnya (selamanya jika pesan tersebut diposting dalam obrolan “Pesan Tersimpan” Anda).

4. Jadwalkan Pesan

Untuk pengguna yang mahir, penjadwalan adalah cara yang bagus untuk mencapai banyak tugas pada waktu tertentu. Kami sudah banyak menggunakan penjadwalan email , tetapi sungguh luar biasa melihat Telegram membawa fitur ini untuk pesan juga. Seperti yang Anda lihat di atas, Anda dapat menjadwalkan pesan hanya dengan menekan dan menahan tombol “kirim” . Di sini, pilih “Jadwalkan pesan” dan pilih tanggal dan waktu. Pesan akan dikirim pada waktu yang Anda pilih.

5. Kirim Pesan Silent

Ada kalanya kita tahu orang terdekat kita sedang belajar , tidur, atau menghadiri pertemuan, tetapi kita ingin mengirim beberapa pesan tanpa mengganggu mereka. Nah, ada fitur bernama Silent Messages di Telegram. Pada dasarnya, Anda dapat mengirim pesan dan itu tidak akan membuat suara atau getaran apa pun meskipun penerima belum mengaktifkan DND . Itu bagus, bukan? Jadi untuk menggunakan fitur ini, ketik pesan Anda lalu ketuk dan tahan tombol “kirim”. Di sini, pilih “Kirim tanpa suara” dan Anda selesai.

6. Hapus Pesan Pengirim

Anda pasti dapat menghapus pesan yang telah Anda kirim, tetapi tahukah Anda bahwa Telegram telah menghadirkan fitur baru yang memungkinkan Anda juga menghapus pesan yang dikirim oleh pengguna lain. Agak aneh, tetapi fitur ini untuk pengguna yang memprioritaskan privasi di atas segalanya. Untuk menggunakan fitur ini, cukup pilih pesan yang diterima dan ketuk tombol “hapus”. Sekarang, pilih “Juga hapus untuk X” dan ketuk “Hapus”. Pesan tersebut akan hilang dari kedua ujungnya tanpa meninggalkan jejak apapun.

7. Menghancurkan Media dalam Obrolan Normal

Penghancuran diri adalah fitur populer di Telegram, tetapi hanya terbatas pada opsi “Obrolan Rahasia” yang terpisah. Namun, dengan pembaruan terkini, sekarang Anda juga dapat merusak media seperti foto dan video di obrolan normal. Cukup pilih foto atau video lalu ketuk tombol “timer”. Sekarang, Anda dapat memilih kapan media akan dihapus dari mana saja.

8. Edit Video

Setelah pembaruan terkini, tampaknya Telegram bukan hanya layanan perpesanan, tetapi utilitas yang mencakup semuanya untuk menyelesaikan semua masalah Anda. Itu sudah memiliki editor foto yang kuat dan sekarang perusahaan telah membawa beberapa alat canggih untuk mengedit video juga. Inilah cara Anda menggunakannya. Buka saja obrolan dan pilih video yang ingin Anda kirim. Setelah itu, ketuk ikon tuning untuk membuka editor video baru. Di sini, Anda dapat menyesuaikan saturasi, kontras, pencahayaan, dan lainnya. Bahkan ada kurva RGB yang luar biasa . Saya akan mengatakan jika Anda menginginkan editor video untuk koreksi warna dan meningkatkan tampilan maka Telegram telah Anda tutupi dengan trik luar biasa ini.

9. Tambahkan Stiker Animasi ke Gambar / Video

Ya, dengan pembaruan terkini, sekarang Anda dapat menambahkan stiker animasi Telegram pada gambar dan video. Kita semua menyukai stiker animasi Telegram berkualitas tinggi dan sekarang Anda dapat menghidupkan gambar diam menggunakan stiker animasi populer ini . Namun, perlu diingat, setelah menambahkan stiker, gambar akan berubah menjadi GIF dan mungkin kehilangan beberapa kualitas. Jadi untuk menggunakan fitur ini, cukup pilih gambar / video Anda dan ketuk ikon “sikat” di bagian bawah. Setelah itu, ketuk ikon stiker dan tambahkan stiker animasi ke media Anda. Itu dia.

10. Atur Pengingat

Pengingat pada aplikasi perpesanan telah menjadi salah satu fitur yang paling banyak dicari dan akhirnya, Anda dapat menggunakannya di Telegram. Baru-baru ini, WhatsApp bermitra dengan Any.do untuk menghadirkan Pengingat, namun Telegram telah menerapkan fitur ini secara native. Padahal ada satu masalah yang masih tersisa. Anda hanya dapat mengatur pengingat di bagian “Pesan Tersimpan” . Ketik tugas dan ketuk dan tahan tombol “kirim”. Di sini, pilih “set a reminder” dan pilih tanggal dan waktu Anda. Telegram akan mengirimkan pemberitahuan pengingat seperti Google Kalender atau aplikasi manajemen tugas lainnya . Meskipun fiturnya bagus, kami akan lebih menyukainya jika fitur ini juga tersedia untuk obrolan pengguna.

11. GIF Cepat dan Pencarian YouTube

Jadi Anda ingin segera mengirim GIF atau tautan YouTube tanpa meninggalkan aplikasi Telegram? Cukup ketik @gif atau @youtube dan masukkan kueri penelusuran Anda . Seketika, Anda akan menemukan hasil yang diinginkan di layar obrolan itu sendiri. Benar-benar hebat dan kami senang melihat jenis integrasi pihak ketiga yang mendalam ini dengan layanan populer.

12. Mode Lambat

Jika Anda adalah admin grup di Telegram, Mode Lambat adalah yang Anda butuhkan untuk menghentikan spam yang tidak perlu dan membuat percakapan lebih teratur. Setelah Anda mengaktifkan mode lambat dan memilih interval waktu, anggota grup akan memiliki batasan untuk mengirim satu pesan dalam interval yang ditentukan. Misalnya, jika Anda memilih interval waktu 15 detik, setelah mengirim satu pesan, anggota grup harus menunggu 15 detik untuk mengirim pesan lain. Ini pasti akan meningkatkan nilai pesan setiap anggota dan individu. Anda dapat mengaktifkan Mode Lambat dengan mengetuk nama Grup -> Edit (ikon pena) -> Izin -> Mode Lambat.

13. Salin Sebagian Teks dari Pesan

Salah satu masalah mengganggu yang saya alami dengan WhatsApp adalah fitur pengeditan teksnya yang sangat terbatas. Misalnya, jika seseorang mengirim pesan, Anda tidak dapat memilih bagian teks dari pesan tersebut. Anda harus menyalin seluruh pesan dan kemudian mengeditnya di kolom teks kecil yang sejujurnya sangat mengganggu. Namun, Telegram telah membawa cara yang bagus untuk memilih dan menyalin bagian dari sebuah pesan. Ketuk dan tahan pesan untuk memilihnya terlebih dahulu lalu ketuk dan tahan lagi untuk memilih bagian pesan Anda . Itu cerdik, bukan?

14. Mode Polling dan Kuis

Jika Anda menyukai jajak pendapat Twitter, sekarang Anda juga bisa mendapatkan fitur yang sama di Grup Telegram. Anda dapat membuat polling anonim dan terlihat dan juga menjadwalkannya sesuai . Selain itu, ada juga Mode Kuis yang memungkinkan Anda melihat siapa yang memilih apa. Dan bagian terbaiknya adalah Anda dapat menyiapkan kuis dengan banyak jawaban. Jadi, jika Anda menjalankan grup Telegram, ini adalah cara terbaik untuk menyelesaikan masalah dengan teman dan keluarga Anda. Untuk membuat polling, cukup ketuk ikon “lampiran” dan pilih menu “Polling”. Dan untuk Kuis, Anda bisa membaca panduan Telegram di sini .

15. Buat Stempel Waktu untuk Video

Sama seperti kami dapat berbagi video dengan stempel waktu video YouTube yang telah ditentukan sebelumnya, kami juga dapat melakukan hal yang sama di Telegram. Misalnya, jika Anda mengirim video panjang dan ingin pengguna memutarnya dari stempel waktu tertentu, katakanlah, 1:20 , Anda cukup mengetik periksa reaksi pada 1:20 di keterangan video. Sekarang saat pengguna mengetuk tautan 1:20 yang disorot, video diputar dari stempel waktu tertentu. Ini adalah tip bermanfaat bagi pengguna yang mengirim video di Telegram secara teratur.

16. Kirim Media Terkompresi tanpa Mengubah Ekstensi File

Di WhatsApp dan aplikasi perpesanan lainnya, Anda dapat mengirim media yang tidak terkompresi dengan mengubah ekstensi media menjadi sesuatu seperti PDF atau EXE. Namun, di Telegram, Anda tidak perlu mengambil rute hacky ini untuk mengirim file media yang tidak terkompresi. Cukup pilih media Anda dan ketuk menu 3-titik. Setelah itu, pilih “Kirim tanpa kompresi” dan hanya itu . Seberapa hebat itu? Trik Telegram tunggal ini telah menyelamatkan saya dari banyak sakit kepala saat berbagi foto.

17. Berhenti Ditambahkan ke Grup Acak

Salah satu bagian terburuk tentang aplikasi perpesanan adalah siapa pun dapat menambahkan Anda ke grup acak tanpa izin aktif Anda. Namun, bagian baiknya adalah Telegram memberi Anda opsi untuk menonaktifkannya sama sekali. Anda dapat mengubah pengaturan yang diinginkan dari menu Pengaturan -> Privasi dan Keamanan -> Grup -> Kontak Saya dan kemudian pilih semua pengguna Telegram ke “Never Allow”. Saya tidak dapat memberi tahu Anda betapa saya menyukai trik Telegram ini.

18. Lihat Hasil Pencarian dalam Tampilan Daftar

Akhirnya, Telegram telah membawa tampilan daftar untuk hasil pencarian dalam urutan kronologis. Sebelumnya, menemukan sesuatu dengan mengetuk “berikutnya” adalah latihan yang melelahkan. Sekarang, Anda bisa mencari istilah tersebut dan mengetuk “bilah pencarian” di bagian bawah untuk menemukan semua hasil pencarian dalam tampilan daftar .

19. Matikan Pemberitahuan untuk Kontak Individual

Kita semua memiliki satu orang yang mengganggu kita dengan mengirim terlalu banyak pesan yang diteruskan. Nah, Telegram membuatnya sangat mudah untuk membungkam kontak semacam itu. Buka saja obrolan dan ketuk foto profil kontak .

Sekarang ketuk Pemberitahuan dan matikan kontak untuk jangka waktu khusus atau selamanya . Saya biasanya membiarkannya selamanya.

20. Ubah Nomor Telepon

Salah satu hal yang saya sukai dari Telegram adalah layanan ini memberi saya cara mudah untuk mengubah nomor telepon saya yang dilampirkan ke akun saya tanpa membuat saya kehilangan semua obrolan saya sebelumnya . Jika Anda juga ingin mengganti nomor Telegram Anda, itu cukup mudah dilakukan. Pertama, ketuk Pengaturan lalu ketuk nomor ponsel Anda.

Di sini, Telegram akan memberi Anda beberapa informasi tentang apa yang terjadi ketika Anda mengubah nomor Anda. Pada dasarnya, semua pesan Anda akan dipindahkan ke nomor baru dan nomor baru Anda akan secara otomatis ditambahkan ke semua kontak Telegram Anda yang ada, kecuali kontak yang diblokir. Jauh lebih mudah daripada membagikan kembali nomor baru Anda dengan semua orang. Untuk mengubah nomor, ketuk pada “Ubah Nomor”, masukkan nomor baru dan ikuti proses di layar Anda.

21. Gunakan Beberapa Akun Telegram

Dengan pembaruan terkini, Telegram juga memungkinkan pengguna memiliki banyak akun. Ini bagus untuk orang-orang seperti saya yang suka memisahkan pekerjaan dan akun pribadinya. Untuk menambahkan akun baru, ketuk panah di samping nama Anda dan ketuk Tambah Akun .

Setelah Anda selesai, yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan nomor baru Anda dan kemudian ikuti proses di layar Anda. Setelah Anda membuat akun, Anda dapat beralih antar akun dengan mengklik panah ke bawah dan memilih akun yang ingin Anda pilih .

22. Telegram Tema Khusus

Fakta bahwa Telegram memungkinkan pengguna membuat dan menginstal tema khusus mereka membuat penggunaan layanan ini menyenangkan. Ini adalah salah satu trik Telegram Messenger favorit saya. Pada dasarnya, Anda dapat menyesuaikan aplikasi Telegram Anda agar terlihat seperti yang Anda inginkan. Untuk membuat tema Anda sendiri, buka Pengaturan-> Pengaturan Obrolan -> Tema dan ketuk “Buat Tema Baru” . Di sini, pertama tambahkan Nama khusus Tema Anda dan kemudian ketuk OK.


Setelah Anda menambahkan tema Anda , Anda akan melihat tombol cat baru muncul di bagian atas . Ketuk di atasnya dan kemudian Anda akan melihat nama-nama elemen berbeda yang dapat Anda edit.


Untuk mengedit warna elemen apa pun, ketuk di atasnya dan kemudian pilih warna yang Anda inginkan . Setelah Anda selesai mengedit, ketuk Simpan Tema dan tema khusus Anda akan disimpan dan diterapkan.


Jika Anda tidak ingin repot menyesuaikan tema Anda sendiri dan masih ingin memberi tema pada Telegram Anda, Anda juga dapat melakukannya. Untuk melakukan itu, ketuk ikon pencarian dan cari kata Tema . Hasilnya, ketuk Saluran Tema Android. Saluran ini menampung daftar semua tema yang dibuat dan dibagikan orang-orang. Cukup gulir untuk menemukan yang Anda suka. Setelah Anda menemukan tema yang Anda sukai, ketuk ikon unduh. Setelah diunduh, ketuk lagi lalu ketuk tombol Terapkan.


Dan sekarang Anda memiliki Telegram bertema baru Anda sendiri. Ada begitu banyak tema di saluran Tema Android yang dapat Anda ubah setiap hari dan tetap tidak akan habis selama bertahun-tahun, jadi nikmatilah !!


23. Aktifkan Mode Malam Otomatis

Jika Anda suka menggunakan tema gelap hanya di malam hari agar aplikasi tidak membutakan Anda, mengaktifkan mode malam otomatis dapat menghemat banyak kerumitan. Setelah Anda mengaktifkan mode malam otomatis, aplikasi akan secara otomatis beralih ke mode gelap pada waktu yang dijadwalkan. Untuk mengaktifkan mode malam otomatis, buka Pengaturan-> Pengaturan Obrolan-> Tema dan ketuk Mode Malam Otomatis . Di sini Anda dapat memilih antara Otomatis dan Terjadwal.

Jika Anda memilih opsi Dijadwalkan, mode malam otomatis akan diaktifkan pada waktu yang ditentukan sebelumnya yang dapat Anda ubah. Jika Anda memilih mode Otomatis, mode malam otomatis akan dimulai tergantung pada cahaya sekitar . Anda dapat menggeser penggeser untuk memilih pada persentase pencahayaan sekitar yang Anda inginkan untuk memulai mode malam. Secara pribadi, saya lebih suka opsi penjadwalan, namun Anda dapat menggunakan yang Anda suka.

24. Kunci Obrolan Anda

Tidak dapat disangkal fakta bahwa Telegram menjadi sepopuler itu karena fokusnya pada privasi. Layanan ini tidak hanya menyediakan enkripsi ujung ke ujung di sisi server, tetapi juga memungkinkan pengguna untuk mengunci obrolan mereka . Ini bagus untuk menjaga obrolan pribadi Anda saat Anda membagikan perangkat Anda kepada orang lain.


Untuk mengunci obrolan, buka Pengaturan-> Privasi dan Keamanan-> Kunci Kode Sandi dan aktifkan . Setelah Anda membuat kode sandi dan mengaktifkannya, Anda akan dapat mengunci dan membuka kunci obrolan dengan mengetuk ikon kunci di kanan atas aplikasi.

25. Gunakan Hashtag untuk Mengatur Obrolan Anda

Cara terbaik untuk mengatur obrolan Anda di dalam grup atau saluran adalah dengan menggunakan tagar. Saat Anda menggunakan hashtag dalam sebuah pesan, kata itu menjadi dapat dicari sehingga Anda dapat melihat semua pesan yang berkaitan dengan topik itu . Misalnya, jika grup membahas film Avengers baru, semua orang dapat menggunakan tagar Avengers. Jika Anda ingin melihat semua pesan di satu lokasi, Anda cukup mengetuk hashtag dan semua pesan dengan hashtag itu akan muncul.

26. Bagikan Lokasi Langsung

Sama seperti WhatsApp, Telegram juga memungkinkan Anda untuk berbagi lokasi langsung dengan kontak Anda. Ini adalah fitur yang sangat berguna yang saya gunakan secara pribadi secara teratur. Untuk membagikan lokasi langsung Anda dengan seseorang, pertama buka obrolan dan ketuk tombol lampiran . Sekarang, ketuk lokasi.


Di sini Anda akan mendapatkan opsi untuk membagikan lokasi Anda saat ini atau lokasi Anda saat ini. Pilih opsi lokasi langsung dan kemudian pilih batas waktu di mana lokasi Anda akan dibagikan dengan orang tersebut . Sekarang, yang perlu Anda lakukan hanyalah menekan tombol bagikan itu untuk membagikan lokasi langsung Anda.

27. Pin Pesan di Saluran

Seperti yang Anda mungkin sekarang, Telegram memungkinkan Anda membuat Saluran yang merupakan alat untuk menyiarkan pesan publik ke khalayak luas. Perbedaan mendasar antara grup dan Saluran adalah fakta bahwa Saluran dapat memiliki jumlah yang tidak terbatas dan pesan yang Anda kirim di dalam Saluran ditandai dengan nama Saluran dan bukan milik Anda. Namun, jika saluran Anda sangat besar, mungkin menjadi sulit untuk menyiarkan pesan yang telah disiapkan oleh semua orang sebelum hilang di pesan lain . Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menyematkan pesan di dalam Saluran. Untuk menyematkan pesan, cukup ketuk dan ketuk Pin. Sekarang pesan akan selalu berada di atas sebelum pembaca menghapusnya.

28. Nyalakan Obrolan Rahasia

Jika Anda lebih suka menjaga konten sensitif obrolan Anda terbatas pada diri Anda sendiri dan menghindarinya dari gangguan oleh peretas atau pihak berwenang di negara atau wilayah Anda, trik Telegram ini cocok untuk Anda. Sementara obrolan normal di Telegram dienkripsi pengguna-ke-server dan tidak dapat dibaca kecuali seseorang melanggar server Telegram, Obrolan Rahasia membawanya ke tingkat baru dengan menyediakan enkripsi pengguna-ke-pengguna. Obrolan ini dimaksudkan untuk berumur pendek dan tidak disimpan di server Telegram.


Selain peningkatan keamanan ini, Anda dapat menyetel timer penghancuran otomatis dengan durasi bervariasi dari satu detik hingga satu minggu. Selain itu, Anda atau orang lain tidak dapat meneruskan pesan yang Anda terima dalam Obrolan Rahasia dan pengambilan tangkapan layar (atau rekaman layar) sepenuhnya diblokir. Saat ini, Obrolan Rahasia hanya terbatas pada percakapan antara dua orang dan Grup Rahasia tidak didukung dalam Telegram.

Untuk memulai Obrolan Rahasia, Anda dapat mengetuk opsi di menu hamburger dan memilih kontak untuk memulai obrolan. Atau, Anda dapat pergi ke obrolan yang ada, ketuk pada bilah atas untuk informasi pengguna dan gulir ke bawah untuk menemukan opsi ” Mulai Obrolan Rahasia ” di bagian paling bawah halaman. Setelah Anda mengetuk opsi, orang lain harus menerima undangan Anda untuk memulai Obrolan Rahasia.

Trik Telegram Messenger untuk Komunikasi Lebih Baik

Telegram adalah tool hebat yang berfokus pada membuat komunikasi lebih baik dan lebih aman. Telegram tidak hanya menjamin keamanan lebih melalui fitur-fitur seperti enkripsi ujung-ke-ujung dan penghancuran diri tetapi juga memungkinkan Anda menyesuaikan antarmuka dan pengalaman secara signifikan. Dengan menggunakan tip dan trik yang telah kami sebutkan di atas, kami harap Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk dapat memanggil ahli trik Telegram. Apakah Anda pikir kami melewatkan sesuatu? Pastikan Anda memberi tahu kami di komentar di bawah karena itulah kami akan belajar tentang harapan Anda dan kekurangan kami.  (Disarikan dari beebom.com)

Leave a Reply

%d bloggers like this: