Cara Install Mysql di Windows 10

Lama tidak membuat artikel, kali ini brilliansolution akan membuat tutorial cara install mysql di windows 10.

Bagi Anda yang belum memiliki aplikasi database ini, silahkan download terlebih dahulu di situs resmi MySQL ( http://dev.mysql.com/downloads/mysql/).

Mysql

Pengertian

MySQL adalah sebuah DBMS (Database Management System) menggunakan perintah SQL (Structured Query Language) yang banyak digunakan saat ini dalam pembuatan aplikasi berbasis website. MySQL dibagi menjadi dua lisensi, pertama adalah Free Software dimana perangkat lunak dapat diakses oleh siapa saja. Dan kedua adalah Shareware dimana perangkat lunak berpemilik memiliki batasan dalam penggunaannya. 

MySQL termasuk ke dalam RDBMS (Relational Database Management System). Sehingga, menggunakan tabel, kolom, baris, di dalam struktur database -nya. Jadi, dalam proses pengambilan data menggunakan metode relational database. Dan juga menjadi penghubung antara perangkat lunak dan database server.

Fungsi

Secara garis besar, fungsi dari MySQL adalah untuk membuat dan mengelola database pada sisi server yang memuat berbagai informasi dengan menggunakan bahasa SQL. Fungsi lain yang dimiliki adalah memudahkan pengguna dalam mengakses data berisi informasi dalam bentuk String (teks), yang dapat diakses secara personal maupun publik dalam web.

Hampir seluruh penyedia server web atau host menyediakan fasilitas untuk MySQL dalam pengembangan aplikasi berbasis website untuk dikelola oleh web developer. Kemudian, antarmuka dari MySQL adalah PHPMyAdmin. Yang berfungsi untuk menghubungkan antara bahasa pemrograman PHP dengan MySQL untuk proses pengelolaan basis data pada web.

Database

Database atau basis data adalah kumpulan data yang dikelola sedemikian rupa berdasarkan ketentuan tertentu yang saling berhubungan sehingga mudah dalam pengelolaannya. Melalui pengelolaan tersebut pengguna dapat memperoleh kemudahan dalam mencari informasi, menyimpan informasi dan membuang informasi.

Database Selain Mysql

  • Oracle
  • PostgreSql
  • MongoDB
  • MariaDB
  • Redis

Namun pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas satu-satu database di atas. Mari kita lanjutkan bagaimana cara install Mysql di Windows 10.

Download Mysql

Buka browser kalian kemudian kunjungi url berikut ( http://dev.mysql.com/downloads/mysql/ ) untuk memulai proses download mysql. Setelah itu pilih sistem operasi yang kalian gunakan pada select box, karena pada tutorial ini kita akan menggunakan sistem operasi windows 10 maka pada select box kita pilih Microsoft Windows dan setelah itu klik button Go to download page untuk mengunjungi halaman download.

Selanjutnya kita akan dibawa ke halaman download page mysql , selanjutnya kita pilih installer yang akan kita download dengan mengeklik button download seperti pada gambar dibawah ini :

Selanjutnya kalian akan mendapati button login dan register seperti pada gambar dibawah ini. Bagi kalian yang memiliki account oracle kalian bisa login menggunakan account kalian tersebut atau bagi kalian yang belum mempunyainya bisa melakukan register dengan menekan button Sign Up. Namun saya menyarankan untuk melewati langkah ini dengan menekan link No thanks, just start my download untuk langsung memulai proses download MySQL .

Cara Install Mysql di Windows10

Setelah kalian berhasil mendownload MySQL selanjutnya kita akan melakukan installasi MySQL. MySQL sendiri sebenarnya dapat berjalan diberbagai macam sistem operasi seperti linux , windows dll , namun pada tutorial kali ini kita akan mempelajari cara install mysql pada sistem operasi windows 10 dikarenakan cukup banyaknya penngguna sistem operasi ini. Berikut ini adalah cara menginstal MySQL di Windows 10.

  • Double klik installer MySQL (mysql-installer-community-8.0.12.0.msi). Atau klik kanan pada installer MySQL, kemudian pilih Install.
  • Nanti akan muncul dialog box penginstalan pertama seperti gambar di bawah ini. Silahkan centang “I accept the license terms“. Kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan proses instalasi.

Pada dialog box Choosing a Setup Type, kita dihadapkan beberapa pilihan diantaranya, yaitu:

  1. Developer Default, Apabila Anda memilih pilihan ini, maka MySQL akan menginstal aplikasi MySQL yang dibutuhkan untuk development.
  2. Server only, Pilihlah pilihan ini jika Anda ingin menginstal aplikasi MySQL untuk server.
  3. Client only, Pilihlah pilihan ini jika Anda ingin menginstal aplikasi MySQL untuk client.
  4. Full, Apabila Anda ingin memilih seluruh aplikasi MySQL, maka pilihlah pilihan ini.
  5. Custom, pilihan ini berguna apabila Anda ingin memilih sendiri aplikasi MySQL yang akan diinstal.

Pilihlah pilihan Custom, kemudian klik tombol Next.

  • Akan muncul modal dialog ” One or more product requirements have not been stisified “ kemudian pilih YES untuk melanjutkan ke proses selanjutnya .

Setelah itu silahkan klik tombol Execute.

Pada dialog box Installation, silahkan klik tombol Execute. Kemudian klik tombol Next.

Pada dialog box Product Configuration klik tombol Next.

Pada dialog box Group replication pilih ” Standalone MySQL server / Classic MySQL Replication ” kemudian pilih button Next

Pada dialog box Type and Networking, biarkan saja pada isian default nya. Kemudian klik tombol Next.

Pada dialog box Authentication method pilih ” Use Strong Password Encryption for Authentication ( RECOMENDED) ” kemudian klik Next .

Pada dialog box Accounts and Roles, silahkan masukan password. Yang mana password ini dibuat untuk user root. User root adalah user tertinggi di dalam MySQL atau biasa disebut juga superuser. Kemudian klik tombol Next. Kalian juga bisa menambahkan user baru dengan mengeklik tombol Add User.

Pada dialog box Windows Service, biarkan saja pada isian default nya. Kemudian klik tombol Next.

Pada dialog box Apply Server Configuration, silahkan klik tombol Execute. Jika tidak ada masalah, klik tombol Finish.

Pengujian installasi MySQL

Setelah kita berhasil melakukan installasi MySQL di sistem operasi windows 10 selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah melakukan pengujian pada MySQL yang telah kita install. Untuk melakukan pengujian MySQL dapat dilakukan dengan beberapa pilihan yairu dengan menjalankan MySQL di cmd atau bisa juga dengan menjalankan MySQL dengan menggunakan MySQL Command Line Client  . Untuk pengujian dengan MySQL Command Line Client kalian bisa melakukanya dengan membuka MySQL Command Line Client melalui kolom pencarian pada windows kalian kemudian ketikkan “MySQL Command Line Client” setelah itu buka maka akan didapati tampilan seperti pada gambar berikut ini :

Setelah itu coba tampilkan database nya dengan menggunakan perintah “show databases” maka akan didapati hasil seperti berikut yang menandakan MySQL kalian siap untuk digunakan .

Sekian tutorial dari BrillianSolution tentang cara install mysql di diwindows 10. Jika ada pertanyaan silahkan isi komentar dibawah.