Tips Trik PES 2020 – Agar gampang menang!

Pro Evolution Soccer (PES). Mengusung nama baru eFootball PES 2020, game ini membawa banyak inovasi baru seperti fitur AI (Artificial Intelligence/kecerdasan buatan) pemain bertahan, teknik menggiring bola baru serta perbaikan pergerakan bola.

Fitur-fitur baru di pertandingan PES 2020 sangat krusial dalam kemenangan kamu di pertandingan online maupun offline. Jangan khawatir, dengan menguasai tips di bawah ini kamu bisa mengalahkan teman kamu atau bahkan menjadi yang terbaik di Indonesia karena game ini merupakan salah satu game resmi yang akan dipertandingkan di Piala Presiden.

1. Gunakan Kamera Angle “Stadium”

Pilihan kamera default di PES 2020 adalah mode “Stadium”, di kamera ini menawarkan sudut pandang lapangan yang lebih luas. Kamu bisa menggantinya dengan mode yang umum digunakan seperti “Dynamic Wide Camera” tapi percayalah kamu lebih baik tetap menggunakan mode “Stadium”. Di mode ini kamu bisa membaca pertandingan dengan lebih jelas dan juga membangun serangan yang tidak dapat kamu lakukan di mode kamera lainnya.

2. Hindari Play yang Tidak Realistis

PES 2020 benar-benar menitikberatkan sisi “realistis” dalam gamenya. Jika kamu melakukan passing dengan posisi badan yang kurang menguntungkan, tentu arah passing kamu tidak akan sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Hal yang sama juga berlaku dalam melakukan shooting ke gawang lawan. Mungkin hal ini terlihat mudah tapi percayalah, kamu harus mempertimbangkan posisi dan juga situasi kamu sebelum melakukan passing atau shooting.

3. Perbaikan Posisi Kamu dalam Bertahan

Cara terbaik untuk bertahan di PES adalah dengan tetap bersabar. Jika kamu terlalu tergesa-gesa untuk melakukan tackling, pemain lawan akan menghindarinya dengan mudah. Cara paling efektif dalam bertahan adalah dengan membuat blok-blok krusial dan juga sebisa mungkin melakukan clearance ketika terjadi kemelut di depan gawang. Untuk melakukan hal-hal tadi pemain bertahan kamu berada dalam posisi yang tepat.

4. Gunakan Super Cancel

Ada banyak gerakan kontrol bola yang bisa kamu lakukan di PES 2020 tapi Super Cancel adalah gerakan paling penting. Dengan menekan R1/RB dan R2/RT di saat yang bersamaan, pemain yang kamu gunakan akan membatalkan gerakannya. Contohnya ketika pemain kamu sedang mengejar bola atau mengambil ancang-ancang untuk menendang, kamu bisa membatalkannya dengan Super Cancel.

Dengan Super Cancel kamu bisa mengontrol tim kamu dengan lebih baik. Super cancel juga krusial jika kamu merubah keputusan kamu di detik akhir. Menggunakan Super Cancel bisa mengubah sebuah pertandingan di PES 2020 secara drastis.

5. Bangun Serangan Secara Perlahan

Counter Attack memang serangan yang mematikan tapi di PES 2020 kamu lebih baik membangun serangan kamu secara perlahan. Jika memaksakan untuk melakukan serangan cepat, bola akan mudah direbut lawan. Jangan ragu untuk melakukan passing ke belakang atau bawa bola melebar ke pinggir lapangan. Lakukanlah operan-operan simple dan tunggu anggota tim kamu mendapatkan posisi yang tepat di pertahanan lawan.

6. Latih Timing Dalam Menggiring Bola

PES 2020 membawa mekanisme dribbling baru dengan nama Finesse Dribble yang bisa diaktifkan dengan analog kanan. Dengan Finesse Dribble kamu bisa mengontrol bola di kaki kamu dengan lebih baik. Gerakan dribble ini hampir seperti skill yang ada di Fifa 20dan bisa mengecoh lawan kamu dengan gerakan kecil dan efektif. Kamu harus menguasai gerakan ini untuk mengalahkan lawanmu dalam situasi 1 on 1.

7. Gunakan Manual Shooting di Saat Mendesak

Saat situasi satu lawan satu dengan penjaga gawang, kamu bisa menggunakan manual shooting dengan menahan tombol L2/LT. Dengan manual shooting kamu mempunyai lebih banyak kebebasan untuk menempatkan bola di gawang lawan.


Leave a Reply