Mengubah SHP ke Geojson Format

GeoJSON adalah format standar terbuka yang dirancang untuk mewakili fitur geografis sederhana, bersama dengan atribut non-spasialnya. GeoJSON didasarkan pada JavaScript Object Notation(JSON).

Fitur-fitur geometri GeoJSON meliputi: 

  1. Point untuk merepresentasikan alamat dan lokasi. 
  2. Line String untuk mereprentasikan jalan, rute dan batas. 
  3. Polygon untuk merepresentasikan bidang tanah. Fitur-fitur tersebut dapat dikombinasikan menjadi kumpulan multi-bagian dari fitur yang seragam yaitu MultiPointMultiLineStringMultiPolygon dan kumpulan multi-bagian dari fitur yang beragam yaitu GeometryCollection.

Fitur GeoJSON tidak hanya mewakili entitas dari fisik bumi saja. Banyak cakupan layanan yang memanfaatkan GeoJSON seperti perutean seluler dan aplikasi navigasi.

Berbeda dengan standar GIS lain, format GeoJSON ditulis dan dikelola bukan oleh organisasi standar formal, tetapi oleh kelompok kerja pengembang Internet. Hal tersebut memungkinkan pengembangan format dan implementasi GeoJSON menjadi terbuka lebar.

Berikut langkah-langkah untuk mengubah shp ke geojson format:

Buka Peta menggunakan Qgis (Quantum GIS)

Klik kanan layer peta, klik Export -> Save Features As…

Pilih format GeoJSON

Pilih format CRS = EPSG:4326 – WGS 84

Isi File name untuk menyimpan nama yang diinginkan. Klik OK

Informasi istilah-istilah yang ada diatas dapat dibaca dibawah ya gan.

Sistem Geodesi Dunia

Sistem Geodesi Dunia (Bahasa InggrisWorld Geodetic System) disingkat WGS adalah sebuah standar yang digunakan dalam pemetaangeodesi, dan navigasi terdiri dari bingkai koordinat standar Bumi, Datum geodetik, (referensi permukaan standar bulat (acuan atau referensi elipsoid) untuk data ketinggian mentah, dan permukaan ekuipotensial gravitasi (geoid) dipakai sebagai pendefinisian tingkat nominal laut.

Revisi terbaru adalah Sistem Geodesi Dunia 1984 (versi tahun 1984 kemudian dilakukan direvisi pada tahun 2004)[1] Sebelumnya memakai skema WGS 72, WGS 66., Dan WGS 60 dan WGS 84 adalah referensi sistem koordinat yang digunakan oleh Global Positioning System. dikutip (http://wikipedia.com)

EPSG Parameter Parameter Geodetik (juga registri EPSG ) adalah registri publik untuk sistem referensi spasial , ellipsoid Bumi , transformasi koordinat, dan unit pengukuran terkait. Setiap entitas diberi kode EPSG antara 1024-32767, [1] : 39 [2] bersama dengan representasi teks yang dikenal baik (WKT) yang dapat dibaca mesin. Dataset secara aktif dikelola oleh Komite Geomatika IOGP . [3]

Sebagian besar sistem informasi geografis (SIG) dan perpustakaan SIG menggunakan kode EPSG sebagai Pengidentifikasi Sistem Referensi Spasial (SRID) dan data definisi EPSG untuk mengidentifikasi proyeksi dan melakukan transformasi antara sistem ini, sementara beberapa juga mendukung SRID yang dikeluarkan oleh organisasi lain (seperti Esri ).


Leave a Reply